-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

BAGAIMANA PERKEMBANGAN SAINS DAN TEKNOLOGI DUNIA

PERKEMBANGAN SAINS DAN TEHNOLOGI


PERKEMBANGAN SAINS DAN TEHNOLOGI
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Peradaban manusia selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Hal ini disebabkan karena manusia memiliki akal yang dianugerahkan Tuhan. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, dan nyaman. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.

dasawarsa-dasawarsa terakhir ini, sains dan teknologi telah mengalami perkembangan spektakuler yang tiada taranya dalam sejarah. Namun kemenangan gemilang itu telah diliputi awan kesulitan yang kian mencekam perikehidupan insani di bumi ini. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan tuntutan masyarakat yang tidak dapat ditawar lagi. Perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban Indonesia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu. Oleh karena itu, pada makalah ini penulis memilih judul “Pengaruh Sains dan Teknologi dalam Peradapan Indonesia”.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan judul yang diplih, penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana peran sains dan teknologi dari masa ke masa?
2.      Bagaimana perkembangan sains dan teknologi dalam peradaban Indonesia?
3.      Apa dampak dari perkembangan sains dan teknologi bagi bangsa Indonesia?

1.3  Tujuan
Berpijak dari latar belakang diatas, maka yang menjadi tujuan penulisan makalah ini adalah :
        1. Untuk mengetahui peran sains dan teknologi dari masa ke masa.
        2. Untuk mengetahui sejauh perkembangan sains dan teknologi dalam peradaban Indonesia.
        3. Untuk mengetahui dampak dari perkembangan sains dan teknologi bagi kehidupan manusia.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Peran sains dan teknologi dari masa ke masa
            Jika melihat fenomena perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa. Kita akan melihat dengan jelas bagaimana peran sains dan teknologi sangat sentral sekali. Walaupun pada masa-masa awal manusia belum terdapat konsep sains dan teknologi. Pada masa-masa itu (seperti masa pra-sejarah) perkembangan perdaban manusia hanyalah dengan logika-logika berpikir sederhana dan dari fenomena-fenomena alam yang sederhana. Mungkin bagi kita di masa sekarang, penemuan alat-alat berburu sederhana pada masa sejarah adalah hal yang sederhana. Akan tetapi pada masa itu penemuan tersebut adalah hal yang sangat revolusioner dan luar biasa hebat. Bukankah teori-teori sains dan teknologi yang rumit pada masa kini adalah kumpulan teori-teori sederhana dan berasal dari konsep yang sederhana pula.

2.2 Perkembangan sains dan teknologi
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.
Kemajuan sains dan teknologi bangsa Indonesia dari tahun ke tahun tidak mengalami kemajuan yang cukup berarti. sehingga otomatis bangsa ini tidak maju-maju pula. Kita sangat tertinggal jauh dari bangsa-bangsa lain. Contohnya adalah Negara Malaysia yang dulu katanya mereka berguru pada kita sekarang mereka sudah sangat maju dan kita jauh tertinggal. Jika dikatakan berjalan di tempat rasanya tidak juga, tetapi kemajuan kita sangat kecil dan lambat sekali. Di zaman sekarang ini yang dibutuhkan bukan hanya sekedar kecepatan namun juga percepatan. Dengan sains dan teknologi, bukan hanya kecepatan yang kita dapatkan tetapi juga percepatan sehingga kita dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

2.3 Dampak dari perkembangan sains dan teknologi
Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi sangat membantu kehidupan manusia modern saat ini. Dengan teknologi yang makin maju, manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Banyak manfaat yang dapat manusia dapatkan dari teknologi tersebut, diantaranya :

1.       Bidang Informasi dan komunikasi
a) Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
b) Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.

2.      Bidang Ekonomi dan Industri
a.       Pertumbuhan ekonomi semakin tinggi
b.      Terjadinya industrialisasi
c.       Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
d.      Persaingan dalam dunia kerja semakin tinggi, kerena dalam industri yang maju biasanya dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki skill yang bagus untuk hal tertentu.

3.      Bidang Sosial dan Budaya
a.       Pebedaan kepribadian pria dan wanita, dewasa ini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik di dunia pemerintahan maupun dunia bisnis. Dengan kata lain adanya emansipasi.
b.      Meningkatnya rasa percaya diri, dengan meningkatnya ekonomi di wilayah Asia maka rasa percaya diri negara Asia mulai tumbuh dihadapan negara-negara Barat.
c.       Tekanan, dengan tekanan yang sangat tajam akan memunculkan generasi yang disiplin, tekun dan ulet.
4.      Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting di bidang pendidikan anatara lain :
a.       Munculnya media massa, khususnya mendia elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
b.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan adanya metode baru tersebut, makan siswa akan lebih mudah dalam menerima  pelajaran yang disampikan oleh guru.
c.       Sistem pembelajaran tidak harus dilakukan secara tatap muka. Contohnya dengan menggunakan teleconference.

Selain memberikan manfaat bagi kehidupan manusia modern, teknologi juga memberikan dampak negatif yang juga dapat dirasakan seiring dengan manfaatnya yang banyak. 
1.   Bidang Informasi dan Komunikasi
a.    Jasa komunikasi dapat dimanfaatkan oleh jaringan teroris
b.    Penyalahgunaan situs tertentu yang terdapat di internet
c.    Kerahasiaan alat tes semakin terancam
d.   Kecemasan teknologi akibat berkembang pula virus komputer yang akan merusak program komputer.
2.  Bidang Ekonomi dan Industri
a.    Banyak pengangguran, karena pada bidang ini dibutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan tinggi. Sedangkan masih banyak warga Indonesia yang masih rendah tingkat pendidikannya.
b.    Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi.
3.  Bidang Sosial Budaya
a.         Kemerosotan moral di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
b.         Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat. Dan semakin berkurangnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.
c.         Pola interaksi antar manusia yang berubah.
4.  Bidang Pendidikan
a.         Kerahasiaan alat tes semakin terancam.
b.         Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal.

KESIMPULAN
1.      Sains dan teknologi (iptek) telah berkembang sangat pesat dimana sains dan teknologi mampu memberikan banyak kenyamanan dan kemudahan dalam kehidupan manusia.
2.      Bangsa Indonesia membutuhkan kecepatan dan percepatan khususnya dalam bidang  sains dan teknologi sehingga dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain.
3.      Perkembangan sains dan teknologi disamping mempunyai dampak positif, juga mempunyai dampak negatif.